WE ARE SHARE WHO WE ARE KNOW

VIRUS PURBA DI DNA MANUSIA

Share on :

Jejak virus purba yang menginfeksi manusia purba Neandertal ditemukan pada manusia oleh peneliti Oxford University dan Plymouth University. Untuk menemukannya, peneliti membandingkan data genetik dari fosil Neandertal dan manusia purba lain yang disebut Denisovan dengan data genetik manusia modern yang terkena kanker.

Ilmuwan menemukan bukti adanya DNA virus yang menyerang Neanderthal dan Denisovan pada masa lalu di DNA manusia modern. Virus itu eksis pada 500 juta tahun lalu.

Penemuan yang dilaporkan di jurnal Current Biology ini akan membantu ilmuwan menguak kemungkinan hubungan antara virus purba dan penyakit seperti kanker dan HIV. Berdasarkan penelitian itu, diketahui bahwa 8 persen dari DNA manusia tersusun atas DNA retrovirus endogen (ERVs).

DNA virus purba itu diturunkan dari generasi ke generasi. DNA virus ini adalah bagian dari 90 persen DNA manusia yang belum diketahui fungsinya, disebut "junk DNA".

Junk DNA secara harafiah memang berarti DNA sampah, tak berguna. Namun, menurut Gkikas Magiorkinis dari Departemen Zoologi, Oxford University, "junk DNA" bisa punya dampak.

"Dalam kondisi tertentu, dua virus junk bisa bergabung dan menyebabkan penyakit. Kami sudah melihat ini di banyak hewan," kata Magiorkinis.

"ERVs bisa menyebabkan kanker ketika diaktivasi oleh bakteri pada tikus dengan kekebalan tubuh yang menurun," imbuhnya dalam rilis di situs Oxford, pada Selasa (19/11).

Magiorkinis berencana terus mencari tahu virus yang dimasukkan pada famili HML2, yang diduga berkaitan dengan HIV dan kanker itu. Menurut Magiorkinis, respons pasien terhadap HML2 akan berhubungan dengan kecepatan perkembangan fase infeksi HIV ke tahap AIDS.

"Pasien HIV juga memiliki risiko lebih besar terkena kanker untuk sebab yang belum diketahui. Mungkin faktor risiko itu adalah genetik, mungkin HML 2," kata Magiorkinis.

"Virus itu juga mungkin diaktivasi kembali pada pasien kanker dan HIV, jadi mungkin akan menjadi target terapi di masa depan," tambahnya.

Robert Belshaw dari Plymouth University menganalisis genom 300 pasien untuk mengetahui penyebaran virus itu. Diperkirakan, virus itu telah menyebar ke populasi yang luas.
SOURCE:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/11/ada-virus-purba-di-dna-manusia

0 komentar on VIRUS PURBA DI DNA MANUSIA :

About

mein_liebe.inc. Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Translate