WE ARE SHARE WHO WE ARE KNOW

10 Fakta Tentang Selfie

Share on :

Selfie pertama dilakukan oleh seorang pria bernama Robert Cornelius tahun 1839.

Kenali Sepuluh Fakta Soal SelfieFoto "selfie" kuno ini dibuat dengan bantuan cermin (BBC Indonesia)
Tahukah Anda jika gaya foto "selfie" sebenarnya sudah ada di awal abad 19? Foto "selfie" sendiri baru jadi tren dalam beberapa tahun terakhir dan berlomba-lomba di-upload di media sosial.
Nah, bicara soal "selfie" laman sociallywow.com membeberkan beberapa fakta berikut ini :
1. Selfie pertama tahun 1839
Selfie pertama dilakukan oleh seorang pria bernama Robert Cornelius pada tahun 1839. Ia mengambil foto dirinya sendiri di toko keluarganya di Philadelphia. Di balik foto tersebut ia menulis, "The first light picture ever taken. 1839". (Baca juga Ditemukan, Dua Foto "Selfie" Kuno di Skotlandia)
Robert Cornelius pada tahun ...Robert Cornelius pada tahun 1839 mengambil foto dirinya sendiri di toko keluarganya di Philadelphia. Di balik foto tersebut ia menulis,  (Wikimedia Commons)
2. Selfie anti-mainstream tahun 1966 
 Buzz Aldrin adalah orang pertama yang ber-foto gaya selfie dengan latar belakang bumi. Selfie ini dia lakukan ketika sedang menjalani misi Gemini 12 pada November 1966. Buzz ditugasi untuk memotret sinar ultraviolet yang dipancarkan bintang. Ketika matahari mulai muncul, ia memotret dirinya sendiri. Kemudian ia membagi fotonya ini lewat account Twitternya, @TheRealBuzz.  (Baca juga Siapakah yang Membuat Selfie Luar Angkasa Pertama Kali?)
Foto Selfie Buzz Aldrin di luar ...Foto Selfie Buzz Aldrin di luar angkasa saat menjalani misi Gemini 12, November 1966. (Twitter)
3. Diperkenalkan Flickr tahun 2004
Kata selfie pertama kali muncul di Flickr pada tahun 2004, namun butuh hampir satu dekade sampai menjadi populer.  
4. Terkenal sejak 2012
Penggunaan istilah selfie dalam bahasa Inggirs naik 17,000 persen sejak akhir 2012. Majalah Time memasukan istilah ini dalam top 10 buzzwords 2012.
Inilah foto selfie yaki alias ...Inilah foto selfie yaki alias monyet hitam sulawesi yang langka di Indonesia. Foto ini kini menjadi sengketa antara fotografer David Slater dengan Wikipedia. (Caters News Agency/Mirror)
 
5. Masuk kamus Oxford sejak Agustus 2013
Menurut Oxford, selfie diartikan sebagai "a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website." Pada tahun 2013 selfie juga mendapat predikat word of the year. (Baca juga Kata YOLO Masuk Kamus Oxford)
6. Muncul istilah "selca"
Istilah selca ini adalah kombinasi dari "self" dan "camera". DIperkenalkan oleh selebriti Korea. 
7. Miley Cyrus Ratu Selfie di Twitter 
Selebriti kelahiran 23 November 1992 ini adalah selebriti dengan selfie terbanyak. Ia telah membagi 121 selfie di akun twitternya sampai Oktober 2013. Diikuti oleh Tyra Banks dengan 62 selfie dan Kendall Jenner dengan 35 selfie. 
8. Kylie Jenner Ratu Selfie di Instagram 
Sejak membuat akun Instagram pada Juni 2012, Kylie Jenner telah menjadi selebriti dengan selfie terbanyak di jejaring Instagram, yaitu sebanyak 451. Diikuti oleh Snoop Dogg dengan 271 selfie dan Ariana Grande dengan 243 selfie. 
9. Selfie peraih Oscar 
Ellen DeGeneres berhasil mengumpulkan 11 selebritis, Jared Leto, Jennifer Lawrence, Channing Tatum, Meryl Streep, Julia Roberts, Kevin Spacey, Brafley Cooper, Brad Pitt, Peter Nyong'o, Lupita Nyong'o, Angelina Jolie dan dirinya untuk selfie bersama. Foto dengan caption, "If only Bradley's arm was longer. Best photo ever. #oscars" ini berhasil mendapat lebih dari 3,000,000 retweet. 
Foto 'selfie' ini sempat ...Foto 'selfie' ini sempat menganggu layanan Twitter. (BBC Indonesia)
10. Mayoritas perempuan 
Perempuan memang lebih banyak selfie daripada laki-laki. Namun, laki-laki di atas 30 tahun lebih banyak membagi selfienya di media sosial daripada perempuan di atas 30 tahun.
(Sumber: Warta Kota)
SOURCE:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/01/kenali-sepuluh-fakta-soal-selfie

0 komentar on 10 Fakta Tentang Selfie :

About

mein_liebe.inc. Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Translate